Senin, 22 April 2013

Tentang Kopi


Kopi ,,siapa sih yang ngga’ tahu dengan yang namanya kopi alias coffee. Minuman yang identik dengan malam ,warna hitam,dan aroma yang khas.Kopi….kopi….dan kopi banyak orang yang menyukai dan mencarinya,termasuk saya. Bagaimana dengan kalian???
Oyaa… dalam kesempatan ini,saya akan membahas tentang kopi…..yuk langsung saja…..

Fakta Unik tentang Kopi
Ternyata, Kopi berasal dari Arab . Bagaimana Kopi bisa sampai ke Indonesia? Jawabannya adalah karena faktor perdagangan. Dari Arab, Kopi dibawa oleh pedagang ke Timur Tengah. Selanjutnya Kopi mulai merambat ke Konstantinopel. Di sanalah dibuka Kedai Kopi pertama di dunia, yang dinamakan "Kiva Han."


Tidak hanya di dunia Islam, orang kristen-pun juga mulai menjadikan Kopi sebagai minuman sehari-hari. Selanjutnya, Kopi mulai berjalan ke Italia. Kapten John Smith lah yang membawa Kopi ke benua lain, benua Amerika, tepatnya di Amerika utara. Kedai-kedai kopi-pun mulai dibuka. pada tahun 1645, kedai kopi pertama di Italia dibuka. 7 tahun berikutnya giliran Inggris yang membuka kedai kopi, dan terus berlanjutke  setiap pelosok daerah.

Uniknya, pada tahun 1668, Bir yang merupakan minuman favorit di New York tersingkir oleh Kopi. Kopi benar-benar menjamur ya. :-) Kopi menjadi minuman utama di New York.  Setelah itu mulai bermunculan macam-macam kopi. Ada kopi robussa, capuccino,arabia, dan lain-lain.

Kalau bicara tentang sejarah Kopi, tidak akan ada habisnya nih. Baiklah, mari kita berganti ke "Manfaat Kopi."



Manfaat Kopi
Kopi selain berfungsi sebagai penghilang rasa kantuk, ternyata memiliki manfaat besar. Menurut Harvard Women's Health, meminum beberapa cangkir Kopi dalam sehari dapat mengurangi resiko terkena beberapa penyakit berikut ini :

Diabetes
Kopi ternyata dapat mengurangi resiko Diabetes tipe 2 sebanyak 50% (Wow, daripada ke dokter, mendingan minum kopi aja)

Kanker
Beberapa riset menunjukkan bahwa Kopi bisa mengurangi resiko kanker payudara, kanker hati, dan kanker usus besar.

Sirosis
Kopi dapat melindungi hati dari sirosis, terlebih sirosis yang diakibatkan oleh kecanduan alkohol.

Penyakit Jantung dan Stroke
Ada orang yang beranggapan bahwa meminum Kopi akan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung dan Stroke. padahal, kenyataan berkata sebaliknya. Riset yang dilakukan kepada 83.000 wanita >24 menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi 2 atau 3 cangkir Kopi sehari mempunyai resiko 19% lebih rendah terkena Stroke bila dibandingkan dengan yang tidak minum Kopi. Tidak hanya wanita, riset yang dilakukan terhadp pria juga menunjukkan hasil yang tidak jauh berbeda.


Selain bermanfaat dalam bidang kesehatan, Kopi juga dapat menjadi suguhan utama saat berkumpul dengan teman. Hhm.....gak ada lho (Kopi), gak rame coy.... :-)



Segala hal pasti memiliki sisi positif dan Negatif. setelah kita membahas Sisi Positif (Baca : Manfaat) Kopi, sekarang Mari kita cari tahu Dampak Negatif dari Kopi.



Dampak Negatif Kopi
Kafein yang ada dalam Kopi merupakan bahan yang bersifat "candu". Kafein menyebabkan meningkatnya detak jantung jika dikonsumsi secara berlebihan. meminum lebih dari 3 cangkir kopi dapat menyebabkan jantung berdebar-debar,sulit tidur, pusing, serta gangguan yang lain.  Sedangkan untuk Ibu hamil, disarankan tidak minum lebih dari secangkir kopi sehari.


Seperti apa yang dikatakan oleh Pak Ustad, semua yang berlebihan itu tidak baik. Minum Kopi berlebihan juga tidak baik. Buat para penikmat Kopi, tetaplah minum Kopi dalam batas kewajaran. Karena aku juga suka Kopi, maju terus Kopi.  :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar